Ke Pantai Yuk!

pantai Jogan

Pergi ke pantai bagi saya adalah hal yang spesial. Dalam setahun, frekuensi saya pergi ke pantai bisa dihitung jari saking sedikitnya. Makanya kalo pergi ke pantai saya selalu semangat dan bahagia. Karena di pantai saya merasa dekat dengan alam. Karena pantai memberikan ketenangan hanya dengan mendengar deburan ombaknya. Karena di pantai saya bisa merasakan kebersamaan dengan teman maupun keluarga.

Tahun kemarin saya beach camp di Pantai Sarangan Gunung Kidul. Planning awal kita adalah menyaksikan sunset dan sunrise. Tetapi karena terlambat berangkatnya, jadilah kita hanya melihat sunrise. Walaupun hanya sunrise, tetap saja menyaksikan Sang Surya muncul perlahan-lahan adalah sesuatu yang luar biasa dan memberikan efek magis buat kita. Dan tidur di pasir pantai adalah hal baru buat saya

Beberapa bulan yang lalu saya ke Pantai Mutun di Bandar Lampung. Di pantai ini saya bisa puas berenang. Tidak ada eksotis debur ombak di sini, yang ada hanya riuh rendah pengunjung yang bermain air. Selain itu, di sini juga banyak permainan yang dapat disewa oleh pengunjung.

pemandangan pantai Siung

Baru-baru ini saya ke pantai di Gunung Kidul bersama teman-teman. Dari sekian banyak pantai yang ada di sana, saya mengunjungi  Pantai Jogan dan Pantai Siung. Perjalanan dari Kota Yogya menghabiskan waktu 3 jam menggunakan sepeda motor. Saya dan teman-teman berangkat pukul 03.30 dinihari sampai di Pantai Jogan pukul 06.30. Satu jam kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Siung. 

Pantai Jogan, pantai dengan air terjun

Setelah saya amati, ada perbedaan antara pantai di Lampung dan Yogyakarta

Pertama, kita tidak bisa berenang di pantai Yogyakarta karena memiliki ombak yang cukup besar. Jadi yang bisa saya lakukan “hanya” dapat menikmati eksotisnya pemandangan pantai dan debur ombak yang menenangkan.  Berbeda dengan pantai di Lampung yang ombaknya kecil. Saya bisa puas berenang tanpa takut terseret ombak. Sehingga kita tidak akan menemukan yang seperti ini



Kedua, tepi  pantainya. Pantai Yogyakarta tepi pantainya didominasi tebing-tebing karang. Sedangkan di Lampung lebih dominan hamparan pasir pantai yang landai.

Ketiga, medan yang harus dilalui untuk sampai di pantai Lampung tidak seekstrim di Yogyakarta

Buat penutup, Berikut gambar pantai yang pernah saya kunjungi versi Google

pantai Jogan


pantai Mutun

pantai Siung






Komentar

Postingan populer dari blog ini

2023: Final Review

Kubangan

Aku dan Buku