Menghabiskan Waktu Sepanjang Jl.Trikora - Jl.P. Mangkubumi



Jl. Trikora, Jl. A. Yani, Jl. Malioboro, Jl. P. Mangkubumi adalah 4 nama jalan di kota Yogya yang menghubung keraton dengan Tugu Jogja. Karena letak Tugu Jogja dan keraton berada dalam satu garis lurus,  konon katanya, zaman dahulu Sri Sultan dapat melihat Tugu Jogja hanya dengan duduk di atas singgasananya.

Berikut ini tempat yang saya rekomendasikan untuk menghabiskan waktu sepanjang 4 jalan ini dengan budget lumayan kecil :
·          
Pagi

>Alun-alun utara
Alun-alun utara yang letaknya tepat di ujung selatan Jl. Trikora dapat dijadikan sebagai lokasi jogging atau bersepeda dengan rute melingkar memutari alun-alun. Setelahnya, beli susu sapi murni di sisi timur alun-alun. Ada berbagai varian rasa mulai original, coklat, melon, strawberry, mocca, dan vanilla. Harganya kisaran 2.000 - 3.000 rupiah.

>Jl. A. yani - Jl. Malioboro
Bagi yang ingin jogging atau bersepeda dengan rute lurus, sepanjang jalan ini tempatnya. Tetapi ini hanya bisa dilakukan pada hari Minggu pagi karena hanya pada saat itu jalan ditutup dalam rangka Car Free Day.

>Soto Ayam depan Telkom
Letaknya di Jl. Trikora + 100 meter ke arah utara dari alun-alun. Abis olahraga saatnya mengurus perut. Soto yang dihidangkan dengan nasi putih nikmat sekali apalagi ditambah sate ampela. Harganya sekitar 8.000-15.000 sudah termasuk minum es teh manis. Kalau makan disini jangan sampai datang kesiangan, bisa-bisa sudah diserbu oleh pelanggan lain.
·          
Siang

>Agen majalah barat Kantor Pos Besar
Mau cari bacaan, koran, majalah, buku-buku. Mau yang bekas, mau yang baru semuanya ada di sini. Dari yang harganya 3 sepuluh ribu sampai yang 30 ribu.
benteng vredeburg

>Benteng Vredeburg
Benteng yang dijadikan museum ini sangat direkomendasikan sebagai tempat berteduh di hari yang terik. Tempatnya sejuk sangat nyaman untuk duduk - duduk melepas penat. Atau bisa juga menikmati diorama di dalam museumnya. Ada 4 diorama, diorama 1 dan 2 sangat nyaman dengan fasilitas AC dan monitor informasi dilengkapi layar touch-screen. Sedangkan diorama 3 dan 4 belum memiliki fasilitas yang sama. Masih berlantai ubin dan berada dalam ruangan yang pengap. Tiket masuk benteng Rp 2.000.

mall malioboro

>Mall Malioboro
Jalan di mall atau pusat perbeanjaan memang sudah biasa. Tetapi, apa salahnya mendinginkan badan dan fikiran di siang yang terik dengan window shopping di mall.
·          
Sore

>Kawasan 0 kilometer
Apapun bisa dilakuan di tempat ini. Mulai dari baca buku, duduk berdua si doi, kongkow bareng temen satu geng, dll. Di sini disediakan banyak bangku yang bentuknya panjang maupun melingkar yang seru dibuat kumpul-kumpul ataupun duduk sendirian. Ada juga hiburan dari komunitas-komunitas yang ada di Jogja. Hiburannya bisa berbentuk benda atau bisa juga berbentuk atraksi

>Sepanjang Jl. A. Yani - Jl Malioboro
Berbagai macam pedagang berkumpul di sepanjang jalan ini. Dari makanan, sampai pakaian. Untuk makanan, ada sate padang, otak otak bakar, es campur duren dan beberapa restoran fast food. Untuk pakaian, berbagai macam fashion stuff mulai dari atasan, bawahan, tas, alas kaki, accessories, semua ada dari yang standar emperan sampai standar Miami Beach atau Buccheri. Kalau di emperan, harganya bisa dinego. Jadi,  pintar-pintar nawar aja.
·          
Malam

kawasan nol kilometer

>Kawasan 0 kilometer
Duduk ditemani Wedhang Ronde (minuman dengan sari jahe sebagai kuahnya.  berisi kacang tanah goreng, roti tawar dipotong dadu, dan bola-bola kenyal berisi gula jawa bercampur potongan kacang tanah ) sambil menikmati suasana malam. Tak perlu menunggu lama, musisi jalanan (baca:pengamen) pasti langsung datang untuk menghibur dengan lagu-lagunya. Sistemnya, mereka gak berhenti kalau belum diberi sejumput uang. Amannya, kalau memang tidak niatan memberi uang, begitu mereka datang langsung katakan “Maaf, nggak” sambil pasang senyuman paling manis. Dan mereka akan pergi.

monumen SO 1 maret

>Monumen Serangan Oemoem (SO) 1 Maret
Berbentuk undakan melingkar seperti tribun untuk penonton di stadion. Bagian tengahnya yang lebar dan datar menjorok ke dalam. Suguhan di sini biasanya atraksi dari komunitas-komunitas seperti skateboard, roller skate, fixie dll. Pokoknya yang membutuhkan area luas. Kulinernya masih Wedhang Ronde.

kopi joss

>Angkringan Kopi Joss
Ada di Jl. P. Mangkubumi. Bentuk dan sistemnya sama dengan angkringan biasanya. Yang membedakan adalah menunya. Yaitu Kopi Joss. Kopi hitam diseduh dengan air panas dan dicampur arang. Arang disini berfungsi untuk mengurangi kadar kafein dalam kopi tersebut. Sehingga Kopi Joss ini memiliki kadar kafein yang rendah.
Menu lainnya ada berbagai macam makanan dan mnuman dengan harga sangat terjangkau Rp1.500-Rp10.000 rupiah saja.

>Tugu Jogja
Tugu yang menjadi ikon Kota Jogja ini tempat yang paling diburu sebagai background foto oleh para wisatawan yang nantinya akan dijadikan bukti kalau pernah bertandang ke Yogyakarta. Kenapa malam hari? Karena tugu ini terletak di tengah jalan, sehingga malam hari kendaraan yang melintas relatif sepi. Akan lebih bebas berekspresi .

Kira-kira itulah tempat-tempat yang patut dkunjungi untuk menghabiskan waktu di sepanjang Jl. Trikora sampai Jl. P. Mangkubumi. Khususnya buat anak-anak muda yang low budget, tempat-tempat di atas cook untuk dicoba. Jadi, biar kere, tetep kece. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2023: Final Review

Kubangan

Aku dan Buku